Tips Awal Selamat Dari Penculikan Anak

Bermain di luar rumah tentulah sangat mengasyikkan bagi anak-anak. Tetapi orang tua hendaklah tidak melepas begitu saja pengawasan kepada anak saat bermain diluar. Karena dijaman sekarang, banyak kejadian penculikan dan kehilangan anak.

Membekali anak dengan pengetahuan perlindungan diri memang sangat diperlukan. Agar kejadian yang tidak diinginkan dapat dihindari. Berikut ini beberapa tips keselamatan anak bila bermain di luar rumah : 
  • Hal awal yang mesti dilakukan adalah membekali anak dengan pengetahuan alamat rumahnya, nomor telepon penting, sekolahnya dan juga memastikan ia mengingat nama seluruh anggota keluarganya. Perlu juga mengajarinya bagaimana ke tempat informasi untuk bertanya jika tersesat atau ke pos polisi. Bila di tanyakan namanya, maka harus juga menyebutkan nama orang tuanya dan dimana tempat bekerja mereka. Agar informasi identitas anak dapat dengan mudah diketahui kalau ada orang yang menemukannya sedang tersesat. 
  • Mengajarinya menggunakan telepon umum atau meminta bantuan. Jika dalam keadaan tersesat di tempat yang ramai maka anda harus menetapkan tempat pertemuan yang telah disepakati. Misalnya di tempat parkir. 
  • Waspada terhadap orang asing yang akan mengajak pergi atau jalan-jalan. Katakan pada anak anda untuk menjauhi orang asing yang memberikan sesuatu. Atau jika bertemu dengan orang asing hendaknya tidak terlalu berbicara banyak. Jika sebuah mobil berhenti di dekat dia. Ajarilah untuk menjauh. Da jika ia merasa diikuti maka segera berlari ketempat umum yang banyak orangnya. Agar ia dapat berteriak keras jika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi. 
  • Hendaklah orang tua menyempatkan untuk meluangkan waktu mempelajari aktivitas keseharian anaknya. Kemana ia sering bermain, dimana tempat belajar favoritnya, rute yang sering dilalui ketika pergi ke sekolah, kursus atau bermain. Dengan teman teman manakah ia sering bersama. Sehingga jika ada sesuatu, maka anda sudah tahu harus mencari kemana. 
  • Ingatkan anak anda untuk harus selalu berjaga-jaga. Ajarkan mereka untuk melihat-lihat, mendengarkan dan mempercayai naluri mereka. Jelaskan bahwa rasa takut adalah reaksi yang baik dan naluri adalah cara terbaik untuk mendeteksi dan menghindari bahaya. Dia harus percaya instingnya.

Simak Juga Artikel Berikut:



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs