Bahagia Tapi Kurang Tidur

Kelahiran bayi adalah masa yang paling indah bagi orang tua. Kebahagiaan ini juga akan menimbulkan suatu konsekuensi lain. Yaitu kurang tidur. Kelahiran bayi dan tidur yang indah di malam yang damai tidak akan sejalan, setidaknya selama beberapa minggu di awal kelahiran. Banyak yang baru bisa beradaptasi dengan situasi ini sampai 1 bulan setelah kelahiran. Gangguan tidur memang kerap dialami oleh setiap orang, dan bisa semakin mengganggu setelah kedatangan sang bayi.

Kondisi susah tidur sudah bisa dirasakan oleh ibu sejak kuartal akhir sebelum kelahiran . Ibu akan terganggu oleh posisi yang tidak nyaman akibat perutnya. Juga kebutuhan untuk buang air yang sering di malam hari. Belum lagi tendangan- tendangan si kecil, memikirkan masalah di kantor dan rumah tangga, juga  akan membuat ibu akan sering terjaga. Bila kondisi ini berlangsung lama, maka dikhawatirkan stamina dan tubuh sang ibu akan drop. Padahal untuk melahirkan dengan lancar setidaknya kondisi sang ibu harus fit.

Bagaimana menyiasati kondisi ini agar sang ibu dapat beristirahat dan tidur nyenyak pada saat kelahiran atau sesudahnya. Berikut ada dua saran :
  • Tumpuklah tidur. Biarkan diri anda tidur panjang (1:30-3:00) di sore hari selama akhir pekan. Sedangkan untuk ibu yang sering terjaga di malam hari, ia harus beristirahat di siang hari untuk mengganti waktu tidur malamnya. Idealnya cara ini dilakukan minimal selama satu bulan istirahat , dengan lima tidur panjang per minggunya. Lakukan secara teratur setidaknya satu bulan sebelum kelahiran bayi. Pergilah ketempat tidur lebih awal dimalam hari dan hindarilah diskusi, nonton tv, dan membaca agar pikiran tenang dan rileks.
  • Mintalah kepada calon kakek, nenek serta keluarga dekat untuk bermurah hati membantu anda di bulan akhir kehamilan dan awal  kehamilan dalm mengurusi pekerjaan rumah. Bila suami tidak terlalu sibuk dengan pekerjaannya maka beban akan lebih ringan. Karena banyak ibu yang selesai melahirkan tetapi dilanda stress karena memikirkan kondisi rumah yang tidak terurus. Mintalah mereka memasak beberapa makanan yang dapat dengan mudah mengembalikan kondisi tubuh anda setelah melahirkan.  Ataupun mencucikan pakaian di rumah. Tidak ada yang lebih baik mengurus anda selain oleh keluarga anda sendiri.

 Nah semoga anda dapat menerapkan saran diatas agar kesulitan tidur dapat teratasi

Simak Juga Artikel Berikut:



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs