Tahapan Anak Belajar Berbicara

Belajar untuk berbicara adalah salah satu langkah yang paling penting dalam perkembangan anak-anak. Ini membantu mereka untuk memahami dan menjelajahi dunia di sekitar mereka, untuk membuat kontak dengan orang lain. Kalau sulit bagi orang dewasa untuk mempelajari bahasa  lain yang baru, maka jangan berpikir betapa sulitnya bagi seorang anak untuk belajar berbicara. Karena itu terbentuk melalui proses yang alami dan membutuhkan waktu yang panjang.

Bulan pertama
Jauh sebelum bayi bisa bicara, mereka mendengarkan orangtua dan kerabat. Mereka mulai mengenal apa itu suara sejak lahir. Ketika orang tua mulai meniru suara-suara si bayi, itu komunikasi dengan anak. Ini adalah awal, ketika anda mengajarkan anak anda untuk berbicara.
Menanggapi kebutuhan anak anda, seperti menemaninya berbicara , dan menggendongnya saat ia menangis, menunjukkan bahwa anda telah mendengar keluhan si bayi. Ini adalah awal dari komunikasi.

8-12 bulan
Suara mengoceh yang dulu terdengar kacau sekarang telah berubah menjadi sesuatu yang bermakna tapi belum jelas., misalnya, "da-da-da-da" dan "ma-ma-ma-ma." anak-anak mulai belajar hal-hal di sekitar mereka, selalu mengatakan nama mereka, menunjuk ke suatu objek. Saat ini  mereka hanya mampu mengucapkan satu atau dua kata.

12-18 bulan
Anak mulai mencoba untuk berbicara banyak dengan menggunakan istilah mereka sendiri. Anak-anak dapat menunjukkan apa yang mereka tahu dan kapan untuk meminta sesuatu. Anak-anak tahu nama mereka dan menanggapi jika mereka dipanggil.

Dari 18 bulan sampai 2 tahun
Pada usia ini, anak-anak dapat mengetahui dan menggunakan enam atau lebih kata-kata. Dua tahun anak-anak - bisa 100 kata atau lebih. Banyak kata-kata dapat dimengerti, tetapi terkadang ada juga yang tidak karena seorang anak memiliki kata sendiri dalam pikirannya. Dua tahun anak-anak sudah bisa menyebutkan nama orang disekitarnya. Mereka dapat mengartikulasikan permintaan sederhana seperti "minum". Anak-anak mulai menggabungkan kata-kata , seperti "kamar dan bobo," "semua pergi." Mereka mencoba untuk mengatakan sesuatu walaupun terkadang salah.

3 sampai 4 tahun
Anak-anak mulai bertanya: "apa?" dan "mengapa?". Mereka mulai untuk membedakan kebenaran dari fantasi. Mereka dapat berbicara tentang "kemarin, hari ini dan besok", dan mereka tahu apa artinya. Bicara mereka lebih dimengerti oleh orang lain. Mereka kadang bicara kepada diri sendiri ketika bermain dengan mainannya. Mereka dapat mempelajari lagu-lagu sederhana dan puisi.

Bagaimana orang tua dapat membantu anak-anak
Bicaralah dengan anak anda sejak lahir dan suara lembut. Menyebutkan benda dan hal-hal lain disekitar anak, dan berbicara tentang apa yang anda lakukan. Gunakan kata-kata sederhana dan kalimat sederhana, dengan penekanan pada "kata-kata kunci". Bicarakan dengan anak anda setiap hari. Menjawab pertanyaan sederhana dan jelas. Berikan waktu anak sehingga ia bisa mengatakan apa yang dia inginkan. Membaca buku. Menyanyikan lagu-lagu dan menghafal puisi. Membawa anak anda ke perpustakaan setempat dan membaca buku-buku dengan mereka. Berikan anak anda kesempatan untuk berbicara. Dengarkan dengan hati-hati. Fokuskan ke level tingkat mata anak saat mengajar sebuah kata baru, agar ia bisa melihat bibir anda sambil mendengar kata itu.  

Simak Juga Artikel Berikut:



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs