Membuat Ikan Akuarium Dari Plastik Bekas


Memelihara hewan peliharaan di rumah seperti ikan, tentunya akan sangat mengasyikkan bagi anak. Apalagi melihatnya tumbuh dan berkembang di dalam akuarium. Tetapi hewan peliharaan seperti ikan mas, ikan arwana, tentunya memerlukan perawatan yang rutin. Bagi sebagian anak, merawat secara rutin belum mampu dilakukan dengan usia yang masih dini. 

Lalu bagaimana solusi mengajarkan anak memelihara hewan tanpa membuatnya repot mengurusi dan memberi makan? Mungkin cara ini bisa anda terapkan di rumah. Yaitu Memelihara ikan plastik hasil buatan tangan si buah hati. 

Bubble wrap
Bincanganak akan membagi tips membuatnya dengan peralatan yang sederhana. Cukup dengan sebuah toples, Plastik bening, Bubble wrap (plastik pembungkus barang pecah belah), serta spidol warna permanent. Jangan lupa, diperlukan jarum dan benang, lem serta pemberat dari batu hiasan akuarium.

Mari kita mulai :

1. Langkah pertama yang disarankan oleh bincanganak kepada ibu adalah menggambar pola ikan diatas kertas putih. Lalu mintalah anak untuk mengikuti pola tersebut dengan menggambarnya diatas plastik bening. Pergunakan plastik bening yang agak tebal, serta spidol permanent. 

2. Setelah terbentuk pola gambar ikan, Guntinglah sekeliling gambar sehingga membentuk ikan. Ingatlah agar orang tua mengawasi anak dalam melakukan pekerjaan ini. Mengingat gunting adalah benda tajam yang dapat melukai anak.

3. Setelah membentuk ikan, plastik tersebut di beri warna dengan menggunakan spidol permanent.Tujuan penggunaan spidol permanent agar ketika berada dalam air, warna-warna tidak akan luntur. Biarkanlah anak menghias ikannya dengan warna kesukaannya.

4. Langkah selanjutnya adalah menjahit guntingan ikan plastik hasil buatan tangan si buah hati dengan pemberat. Pekerjaan ini sebaiknya dilakukan oleh oran tua. Sebab bahaya tertusuk jarum dapat dihindari. Bincanganak menyarankan agar setiap pekerjaan yang mengandung resiko bahaya luka, tidak dilakukan oleh anak. 

5. Setelah ikan diberi pemberat, ambillah guntingan bubble wrap sepanjang satu kolom berisi gelembung udara. Tempelkan dengan menggunakan lem pada mulut ikan. Atau boleh dijahit di ujung mulut ikan. 

Setelah 5 langkah dilakukan, maka isilah toples dengan air dan batu hiasan kolam. Masukkan ikan yang telah kita buat kedalamnya. Untuk mempercantik tampilan, agar panjang benang pemberat disesuaikan. Sehingga ada ikan yang berada dekat dengan permukaan, ada juga yang berada dekat dengan dasar akuarium toples. Bila digoyangkan, maka ikan-ikan juga akan tampak bergoyang mengikuti riak air. Dan hebatnya langi, dengan ikan plastik hasil buatan tangan si buah hati ini tidak perlu perawatan. Sibuah hati dapat menikmatinya sepanjang hari. Bisa juga dipajang di ruang tamu, diperkenalkan kepada setiap yang datang sebagai hasil kreasi anak. @bincanganak.

Simak Juga Artikel Berikut:



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs