Memilih Baju Dan Pakaian Bayi Yang Aman

Bunda sebaiknya selektif dalam memilih baju dan pakaian bayi. Itu karena sensitivitas kulit bayi lebih tinggi dibandingkan kulit orang dewasa. Kulit bayi yang halus membutuhkan perlakuan yang extra. Sensitivitas kulit bayi antara lain disebabkan lapisan kulit yang tipis sehingga rentan terserang alergi kulit. Alergi merupakan jenis penyakit yang akan terus dibawa seumur hidup, tetapi manifestasinya berubah-ubah, alergi yang dialami bayi pada usia 6 bulan akan berbeda ketika ia berusia 1 tahun. Oleh karena itu lebih baik menghindari faktor pemicu terjadinya alergi pada kulit bayi.

Sejumlah faktor yang menyebabkan alergi adalah faktor keturunan, makanan, lingkungan, keringat, atau benda-benda yang bersentuhan dengan kulit. Selain menghindari pemakaian kosmetik yang mengandung bahan kimia, bunda juga harus pintar memilih pakaian. Pakaian yang baik adalah pakaian yang sehat bagi buah hati. Bukan karena mahalnya tetapi karena dalam proses pembuatan pakaian tersebut produsen tidak melibatkan puluhan zat kimia berbahaya di dalamnya. Karena terkadang produk pakaian sudah menggunakan berbagai zat kimia berbahaya dalam pewarnaan.

Salah satu item pokok yang wajib disiapkan ketika menjelang kelahiran; adalah pakaian untuk bayi. Terutama pakaian tidur- karena usia 1 hingga 6 bulan mempunyai waktu tidur yang lebih banyak dan tidak boleh terganggu.

Berikut tips dalam memilih baju dan pakaian bayi yang aman. 
Langkah pertama yang harus di lakukan adalah mencari informasi produk yang akan digunakan. Carilah informasi sebanyak mungkin dengan bertanya kepada orang lain atau dengan mengakses internet. Pastikan merk tersebut telah terpercaya. Selanjutnya, pilih pakaian yang tidak mengandung bahan kimia. Lebih baik memilih pakaian yang tidak menggunakan zat pewarna kimia dan tidak memerlukan cairan pewangi lagi dalam proses pencuciannya. Lalu bagaimana menguji dan memastikan bahwa pakaian tersebut aman? Saat ini telah dilakukan standard pengujian. 

Untuk memastikan bahwa produk bebas dari bahan-bahan yang membahayakan, OekO-Tex Association mengeluarkan Standar Oeko-Tex 100. Komponen yang diuji adalah dari bahan fiber sampai dengan label baju. Pengujian ini dilakukan secara ketat karena merupakan sertifikasi untuk keamanan, produk pakaian bayi usia 0-3 tahun.

Setelah melalui serangkaian uji yang ketat, produsen pakaian akan mendapatkan sertifikasi resmi Oeko-Tex Standard 100 Glass 1. Jadi salah satu referensi produk baju itu aman adalah sertifikat yang diperoleh produsen. Produk pakaian yang berbahan lembut, bebas bahan kimia, dan tidak memerlukan pewangi akan membuat bayi merasa lebih nyaman dan sehat. Dan bunda pun merasa lebih tenang. Sebaiknya para bunda jangan pernah kompromi jika ingin memberikan yang terbaik bagi buah hati.

Kunjungi website Oeko-Tex Association.


Simak Juga Artikel Berikut:



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs