Anak Bermain Membentuk Nama Dengan Tanaman

Meskipun si tukang kebun kecil kita belum mampu menulis namanya, ia masih dapat menikmati melihat pertumbuhan tanaman, menyiramnya setiap hari dan tentu saja belajar menggunting dan memangkas tanaman.

Ini merupakan cara bermain, belajar mencintai tanaman, tehnik berkebun, serta membuatnya mengenali huruf di namanya sendiri.

Yang anda butuhkan adalah bibit tanaman (gabah, kacang hijau, dll) air, kotak atau nampan, tanah, gunting tanaman.

Langkah awal adalah menyiapkan media nampan yang sudah diisi tanah.
Kemudian rendamlah bibit dalam semangkuk air selama semalam.

Persiapkan tanah yang tebalnya kira-kira 3 cm dan dalam keadaan sudah siap ditanami. Bantulah anak untuk mengatur benih sesuai dengan bentuk namanya, kemudian dengan lembut menekan biji tersebut masuk kedalam tanah. Akan lebih mudah jika sebelumnya, kita menulis alfabet ditanah dengan menggunakan lidi, lalu setelah ditanami bibit kita hapus tulisan tersebut.

Langkah selanjutnya ialah menjaga agar tanah tetap lembab dengan menyiramnya secara teratur. Jangan menyiramnya langsung pada benih sampai akarnya telah tumbuh. Tempatkan nanpan di jendela yang terkena sinar matahari. Dalam beberapa hari, biji akan tumbuh. Jika telah tumbuh lebat, gunakan gunting tanaman untuk merapikan.

Simak Juga Artikel Berikut:



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs