Mengenalkan Cara Berpakaian Pada Anak

Perasaan bahagia pasti dirasakan oleh orangtua saat melihat sang buah hati telah tumbuh dari balita menjadi kanak-kanak. Artinya sudah saatnya untuk mempersiapkan ia menjadi mandiri dan mampu melakukan hal-hal sederhana sejak dini. Makan sendiri, mamakai pakaian, serta semua yang menyangkut kebutuhan dasar anak perlu dilakukan tanpa dibantu lagi oleh orang tua. Untuk mewujudkan semua itu Semua memerlukan peranan dari ayah dan ibu. Caranya: Perlihatkan bagaimana melakukan hal itu dengan benar, memberikan instruksi tahap demi tahap, serta tak lupa memberikan pujian jika anak melaksanakan suatu pekerjaan dengan baik

Anak-anak menikmati setiap hal yang diajarkan padanya
Ajarkan anak Anda untuk memakai pakaian sendiri. Untuk mulai pemahamannya, akan menyenangkan bila memiliki boneka atau mainan dengan satu set pakaian yang bisa dipasang pada boneka itu. Perlihatkan bagaimana cara memasang baju pada boneka dan biarkan ia mencoba memberikan baju pada bonekanya.

Kemudian jika ia mulai memahami, perlihatkan ia cara memakai baju didepan cermin. Atau anda mencontohkan lalu membimbing ia memakai baju sendiri.

Tekankan pada apa yang menjadi prinsip, menunjukkan bagaimana caranya, dan mengomentari tindakan mereka. Sebagai contoh: "Sepatu harus dipasang di kaki dan harus berdampingan, sepatu sebelah kanan dipasang di kaki kanan, dan yang satunya lagi di kaki kiri. Nah yang adik lakukan itu terbalik, coba di buka dan dipasang kembali dengan benar," dll.

Mencoba dan terus mencoba sangatlah penting, tetapi jangan lupa memberi pengertian dan arahan sesuai tingkat pertumbuhan anak. Ajarkan anak Anda untuk berpakaian, biarkan ia melakukan kesalahan, dan menunjukkan cara yang betul. Berdirilah di dekatnya dan pastikan untuk menyemangati dan memujinya. Jadi, anda membiasakan dia untuk melakukan, dan tindakan yang kompleks akan meningkatkan memori dan logika anak. Setelah 2 minggu, anda akan melihat perkembangan. Tapi jangan memarahi atau menghukum dia, jika terjadi kesalahan, yang paling penting kesabaran Anda dan keinginan untuk membuat anak mandiri. Dalam satu bulan anda akan terkejut dengan hasilnya.

Simak Juga Artikel Berikut:



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs