Mengenal Gejala Radang Tenggorokan

Sebenarnya, radang tenggorokan bukanlah suatu penyakit. Ia merupakan suatu gejala yang ditimbulkan oleh suatu penyakit. Dalam istilah medisnya, radang tenggorokan dikenal dengan "sore throat" atau faringitis. Umumnya, radang tenggorokan menyerang anak-anak.

Faringitis disebabkan oleh (bisa) karena infeksi virus, infeksi bakteri, hingga alergi dan iritasi. Bukan hanya itu, stres dan kerja berlebihan dapat memperlemah sistem pertahanan tubuh dan memicu infeksi tenggorokan. Penularannya bisa melalui ludah yang ke luar saat batuk, atau yang terdapat pada tangan dan barang pribadi penderita infeksi. Ciri-cirinya, yaitu rasa pedih atau gatal dan kering, batuk dan bersin, demam atau tanpa demam, suara serak atau parau serta hidung meler dan adanya cairan di belakang hidung. Ini terjadi bila penyebab radang oleh virus. Adapun untuk infeksi bakteri, meski tidak sesering infeksi virus, tetapi dampaknya bisa lebih serius.

Gejalanya, tonsil dan kelenjar leher membengkak, bagian belakang tenggorokan berwarna merah cerah dengan bercak-bercak putih, demam seringkali lebih tinggi dari 38 derajat celsius dan sering disertai rasa menggigil dan sakit waktu menelan.

Untuk yang satu ini, diperlukan bantuan dokter karena bila penyebabnya adalah kuman streptokokus dan tidak mendapat antibiotik yang memadai, maka penyakit akan bertambah parah dan kuman dapat menyerang katup jantung.

Simak Juga Artikel Berikut:



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs