Panduan Olah Raga Bagi Ibu Hamil

Olahraga bagi wanita hamil bukanlah sebuah pantangan. Banyak yang beranggapan bahwa aktivitas fisik dapat mempengaruhi kondisi janin dan bahkan bisa sampai menggugurkan sang bayi. Itu tidak benar, bagaimanapun jika olahraga dilakukan secara tepat dan sesuai petunjuk kesehatan maka akan memberikan manfaat kesehatan kepada ibu hamil.

Tapi ingat, olahraga bukanlah segalanya, dan tidak semua olahraga mudah dilakukan dalam kondisi perut yang buncit. Berikut adalah beberapa kegiatan fisik yang aman bagi ibu selama kehamilan:
  • Berjalan - ini tidak hanya latihan fisik yang bagus dan murah, tetapi juga cara yang bagus untuk bersantai dan menghilangkan stress. Kehamilan membawa serta berbagai macam emosi, dan berjalan memberi anda cara untuk meredakan dan mengambil waktu sejenak untuk bernapas serta menikmati kehidupan baru dalam diri Anda. Berjalan  perlu Anda lakukan sambil memakai sepatu atau sendal wanita yang ukurannya agak besar, agar kaki tetap nyaman dan menyangga bobot tubuh dengan baik.
  • Bermain di kolam renang - jika sendi dan ligamen di tubuh mulai merasakan tekanan akibat kelebihan berat badan, maka berenang adalah solusi untuk membuatnya kembali rileks. Renang juga memberikan bantuan relaksasi dan merangsang otot pada tubuh yang sakit.
  • Yoga - Khawatir tentang aktifitas fisik yang berat? Kelas yoga akan mengatasi ketakutan Anda! bahkan yoga bisa di lakukan di dalam rumah. Otot akan dilatih menjadi bugar dengan teknik yoga.
Perlu diingat bahwa sebagian besar latihan fisik aman dilakukan, lakukan menurut petunjuk tenaga medis, dan kehamilan akan berjalan tanpa adanya keluhan kesehatan. Gunakan akal sehat. Dengarkan tubuh Anda, dan secara teratur memantau detak jantung anda, untuk memastikan bahwa olahraga yang anda lakukan tidak berlebihan. Dan selalu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum memulai sebuah latihan baru.

Karena dalam rangka untuk membuat diri Anda melakukan berbagai latihan fisik maka harus ada beberapa alasan yang cukup baik sebagai motivasi anda.
  • Pertama, dan yang paling penting, tanamkan di pikiran anda bahwa olahraga yang membuat Anda bugar, dan Anda akan merasa baik! Olahraga tidak hanya memberikan dorongan psikologis yang besar, tetapi juga  kesehatan dan rileksasi. Dari sudut pandang ilmiah, endorfin (zat penenang) dilepaskan selama berolahraga .
  • Anda mungkin merasa sangat lelah ketika melakukan latihan fisik. Namun, sebenarnya memberi anda lebih banyak energi, dan pada saat yang sama memungkinkan untuk meningkatkan waktu tidur malam yang nyenyak (ini adalah keuntungan besar, karena mimpi menjadi lebih problematis ketika perut anda semakin besar).
  • Latihan teratur akan menjaga otot Anda dalam kondisi prima ketika tiba saatnya untuk melahirkan. Tubuh yang fleksibel dan kuat akan membantu dalam melahirkan, terutama jika anda berencana untuk melahirkan tanpa rasa sakit dan secara alami. Serta kondisi tubuh anda akan cepat pulih ketika sudah melahirkan
Harus Diperhatikan: Jangan mencoba untuk menurunkan berat badan selama kehamilan. Kenaikan berat badan selama kehamilan sangat wajar.
Tujuan yang harus Anda capai: Anda harus sehat, dan anak anda juga harus sehat.

Simak Juga Artikel Berikut:



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs