Obat Gangguan Pencernaan Untuk Keluarga

Jika keluarga anda mengalami gangguan pencernaan, tak perlu buru-buru mendatangi dokter. Dengan tanaman di sekitar kita, gangguan pencernaan bisa diatasi dengan menggunakan herbal hasil kebun sendiri.  Itulah manfaat dari menanam  di halaman rumah anda. Tanaman itu adalah kunyit.

Gangguan pencernaan sering diabaikan oleh banyak orang. Itu karena gejalanya tidak terlalu membahayakan dan dapat dialami oleh semua orang terutama anak. Sehingga jika terkena gangguan pencernaan, banyak orang menganggapnya hanya karena pola makan yang salah.  Padahal gangguan pencernaan terkadang merupakan gejala penyakit serius, misalnya tukak lambung, penyakit kandung empedu, atau kanker lambung.

Gejala gangguan pencernaan antara lain, nyeri pada perut bagian atas, rasa panas seperti terbakar pada perut bagian atas, terkumpulnya gas dalam lambung,  rasa mual, sembelit, perasaan lemas dan kadang muntah.
Penyebabnya adalah iritasi dan peradangan pada selaput lendir pada dinding lambung sebagai akibat makan tidak teratur. Sering mengkonsumsi minuman keras, infeksi bakteri, penggunaan obat tertentu seperti asetasol. Peradangan itu jika berlangsung lama akan membuat bobot badan turun dan akhirnya mudah terjadi ulcus pepictum.

Dengan kunyit, sekresi getah lambung tersebut dapat diobati. Selain itu kunyit dapat merangsang keluarnya lendir dalam lambung sehingga melapisi permukaan dinding lambung, meningkatkan masuknya getah empedu sehingga memperbaiki proses pencernaan.  Tentu saja ini akan membuat perut anda terhindar dari berbagai masalah.

Meramu kunyit menjadi formula untuk mengatasi gangguan pencernaan sangat mudah. Yaitu dengan memarut 15 - 30 gram rimpang kunyit yang masih segar. Didalam rimpang itu terkandung senyawa zingiberena, kurkumin, desmetoksikurkumin, beta tumeron. Langkah selanjutnya yaitu mencampurkan air pada hasil parutan kunyit lalu di peras dan disaring. Tambahkan satu sendok makan gula pasir atau madu. Lalu diaduk rata. Ramuan tersebut di minum tiga kali sehari. Masing masing 1/3 bagian ramuan. Selamat mencoba ibu.


Simak Juga Artikel Berikut:



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs