Membuat Jam Matahari Dari Piring Kertas Bekas

Apa yang anda lakukan bersama anak disaat matahari bersinar cerah? tentunya akan sangat mengasyikkan jika mengajaknya bermain dan berkreasi. Jika dirumah anda terdapat sampah piring kertas kue atau sisa piring kertas ulang tahun yang menumpuk, maka piring kertas itu bisa dijadikan mainan anak dari sampah.

Mainan anak dari sampah kali ini adalah membuat jam sederhana dari piring kertas ulang tahun dan sedotan limun. Membuat jam matahari berarti mengajarkan anak bahwa dahulu sebelum adanya jam digital di handphone atau jam dinding, maka orang mengetahui waktu dari melihat jam matahari. Jika anda pernah membuat jam dari CD bekas, maka kali ini bincanganak akan mengajarkan cara membuat jam mainan anak ini hanya dalam 5 menit.

Yang anda perlukan dalam membuat jam sederhana ini adalah tentunya piring kertas kue, sedotan limun dan spidol warna. Pin pelubang dan penggaris juga dipelukan. kegunaan penggaris adalah membuat garis jam yang lurus dan tegas.

Berikut langkah langkah membuat jam matahari. Cara membuat jam mainan anak :
Mulailah proyek jam matahari ini tepat sebelum tengah hari di hari yang cerah. Buatlah lubang di tengah piring kertas ulang tahun dengan menggunakan pin atau ujung pensil. Masukkan sedotan limun kedalam lubang. Buatlah menjadi tegak lurus dari piring kertas. Gambarlah angka 12 di piring kertas. Saat tepat jam 12 siang, taruhlah piring kertas di bawah sinar matahari dan arahkan bayangan tepat pada angka 12. Taruhlah pin pada piring kertas agar tidak bergerak. Bisa juga dijepit batu agar tidak tertiup angin atau bergerak. Tunggu dan biarkan diluar. Pada jam 1, buatlah garis tepat pada bayangan jatuh. begitulah seterusnya tiap jam hingga jam 6 petang. Pada keesokan harinya bisa dilanjutkan setelah matahari terbit. Jika sudah didapatkan semua waktu, maka anda dapat memperlihatkan jam matahari ini kemudian menjelaskan cara kerja jam matahari kepada anak.

Tips membuat jam matahari ini adalah perlu kesabaran. Tapi hasilnya akan sangat berguna bagi pengetahuan anak. selamat mencoba.

Simak Juga Artikel Berikut:



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs