Minyak Ikan Sebagai Sumber Pertahanan Tubuh

Makanan sehat tentu harus mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan tubuh. Tetapi tubuh juga memerlukan beberapa jenis lemak. Namun, tidak semua jenis lemak aman untuk dikonsumsi secara berlebihan. Semua jenis lemak jenuh, seperti yang ada di minyak goreng, lemak daging, perlu dibatasi agar tidak merusak tubuh.

Jenis lemak tak jenuh yang jenis majemuk atau yang jenis tunggal, diperlukan dalam menu harian. Asam lemak omega-3 merupakan salah satu makanan yang harus tersedia dalam daftar menu harian anda, sebab baik untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Ikan merupakan sumber alami asam lemak omega 3 yaitu epa dan dha, yang berfungsi mencegah aterosklerosis (terutama EPA). Keduanya dapat menurunkan secara nyata kadar trigliserida di dalam darah dan menurunkan kadar kolesterol di dalam hati dan jantung. Minyak ikan omega 3 dianggap sebagai obat dewa bagi manusia. Selain menumbuhkan mata dan otak pada usia bayi, omega 3 juga melindungi orang dewasa dari penyakit jantung dan stroke. Pria tergolong sangat rentan terhadap penyakit jantung koroner, karena itu asam lemak omega-3 adalah salah satu cara jitu untuk membantu pria menjaga jantung tetap sehat dan bahagia. Untuk menjaga kesehatan, para pria dianjurkan mengonsumsi ikan yang mengandung asam lemak omega-3 dua kali sepekan serta buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak antioksidan.

Yang terkandung dalam omega 3 adalah DHA, secara normal, DHA dibentuk di dalam organ hati. Banyak manfaat yang dikandung DHA. Untuk menajamkan penglihatan pada lapisan layar mata, DHA sungguh berperan besar. Penyerapan DHA paling besar terjadi di jaringan otak. Tidak semua zat gizi mampu menembus jaringan otak. Otak sebenarnya di lindungi oleh lapisan pelindung yaitu blood brain barrier yang berfungsi menjaga otak dari zat racun dan obat obatan. Namun DHA tergolong dalam zat gizi yang bisa menembus lapisan tersebut karena otak memerlukannya dalam proses pertumbuhan.

Ada baiknya konsumsi omega 3 di mulai sejak kecil. Sebab anak yang sudah mengkonsumsi banyak omega 3 berarti memiliki jantung dan otak yang terhindar dari ancaman stroke. Dan penyakit degenartif yang menjadi momok menakutkan di jaman sekarang. Sekali lagi, mengapa tidak memanfaatkan kesempatan untuk hidup sehat. Konsumsilah 1 - 2 ekor ikan setiap minggunya. Dan kebutuhan omega 3 anda akan terpenuhi.

Simak Juga Artikel Berikut:



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs