Cara Memotong Kuku Bayi Yang Aman


Bayi yang baru lahir memiliki pertumbuhan kuku yang cepat, hal itu membuat beberapa ibu khawatir karena bayi akan mencakar wajahnya. Tapi hendaknya hindari memotong kukunya sebelum sang bayi berusia satu bulan. Karena pada usia itu, sulit untuk membedakan mana pertumbuhan kuku yang masih menempel atau kuku asli. Bisa-bisa anda menggunting daging jari sang bayi. Fatalnya Kuku dapat terinfeksi. Sebaliknya, gunakan sarung tangan khusus yang dipasang pada kaki dan tangannya, sarung tangan bayi tersebut akan membuat jari tetap terbungkus saat menyentuh wajahnya. sarung tangan bayi tidak akan mengganggu pertumbuhan kukunya. Juga pemakaian sarung tangan akan membuat sang bayi merasa hangat.

Nah ketika kuku bayi telah mengeras sedikit, atau sekitar usia delapan minggu, Anda dapat memotong kuku bayi secara hati-hati. Jika Anda secara tidak sengaja menggunting kuku tersebut, cobalah untuk tidak khawatir. Perlahan tempelkan sepotong kapas yang bersih ke luka ke dengan sedikit tekanan. Cara itu akan membuat perdarahan segera berhenti.

Lakukanlah secara rutin memotong kuku bayi, setidaknya sekali seminggu. Karena pertumbuhan kuku bayi lebih cepat pada tangannya dibandingkan kuku kaki, maka perawatan kuku kaki boleh jarang dlakukan.

Bagaimana cara memotong kuku bayi tanpa melukai jari-jarinya?
Anda bisa membeli gunting kuku khusus bayi dengan ujung bulat. Pemotongan kuku akan lebih mudah jika ada dua orang dewasa yang terlibat. Satu orang dengan lembut bisa menahannya dan menjaga sang bayi dari menggeliat terlalu banyak sementara yang satunya memotong kukunya. Alangkah baiknya mengajak pasangan anda.

Anda juga bisa memotong kuku bayi Anda saat ia tidur, sehingga ia akan lebih tenang. Hendaknya jangan memotong kuku tepat pada ujung daging jari bayi. sisakan sedikit agar sang bayi tidak merasa kesakitan saat memengang sesuatu. Gunakan juga amplas kuku jika bunda tidak yakin dapat memotong kuku secara aman. Lakukan secara perlahan dan gunakan amplas kuku dengan cara menggosok searah. Walaupun sedikit memakan waktu, tapi cara ini lebih aman.


Artikel Bincang Anak Lainnya:


Simak Juga Artikel Berikut:



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs