Bijaksana Menggunakan Anggaran Belanja Pakaian Kehamilan Anda


Rasa bingung seringkali dirasakan oleh ibu muda yang baru merasakan hamil. Terutama masalah pembelian pakaian, mulai dari dari pakaian sehari-hari, celana dan celana pendek, piyama dan gaun hamil atau sampai Bra khusus untuk menyusui nantinya. Itu terjadi di bulan-bulan awal kehamilan. Padahal membeli terlalu cepat justru akan membuat pemborosan. Bincanganak akan membahasnya secara rinci.

Ketika diawal kehamilan, banyak ibu muda yang tidak sabar membeli semuanya untuk persiapan kehamilan. Tidak disalahkan, karena tentunya perasaan bahagia akan menyambut si buah hati juga berpengaruh. Selain itu jebakan diskon di supermarket, dan ketakutan untuk tidak lagi bisa berbelanja saat perut sudah membesar menjadi faktor si ibu berbelanja besar diawal kehamilan. Padahal tidak ada yang gratis di dunia ini, jadi hendaklah bijaksana saat membeli.

Bagian yang sulit adalah memilih ukuran baju saat hamil. Banyak ibu yang menyangka perutnya akan membesar dengan hebat ketika mangalami kehamilan. Padahal dalam kehamilan, hanya pada bulan-bulan tertentu perut membesar. dan tidak semua ibu hamil sama ukuran perutnya walaupun umur kehamilannya sama. Jadi bayangkan anda sudah membeli pakaian di awal kehamilan untuk kehamilan bulan ke sembilan tetapi kelonggaran, tentunya akan terjadi pengeluaran yang sia-sia. Jadi sederhananya, apa yang harus Anda lakukan? Berikut adalah dua langkah sederhana:

Pertama, periksa lemari pakaian Anda jika Anda sudah memiliki celana yang kebesaran, atasan tunik atau gaun panjang. Ini jenis pakaian akan cukup sampai tiga bulan pertama kehamilan. Pada masa kehamilan Anda, Anda hanya akan membutuhkan pakaian satu ukuran lebih besar dari biasanya. Dari pada anda membelinya untuk dipakai sehari-hari saja, lebih bijaksana untuk menggunakan pakaian anda yang kelonggaran atau ukurannya besar. kalau perlu pinjamlah dari lemari pakaian pasangan anda. Kaos oblong dan kemejanya bisa dipakai. Bahkan aroma dari baju pasangan bisa menenangkan mood sang ibu saat kehamilan.

Kedua, membeli hal-hal penting saja dan sesuai waktunya. Jangan membeli sekaligus. Tubuh Anda akan berubah seiring dengan pertumbuhan. Perubahan tubuh paling sering  tidak dapat diprediksi. Meskipun dianjurkan untuk membeli bra bersalin dan menyusui bila payudara Anda mulai sakit dan sensitif. Bra keperawatan juga barang pokok bagi kebutuhan kehamilan anda bahkan setelah Anda melahirkan. Beli baju hamil yang merenggang, yang dapat disesuaikan besar kecilnya dengan kancing sisi baju,yang dapat menyesuaikan dengan ukuran tubuh Anda. Belilah di di bulan ke 3 kehamilan, bulan ke 6 kehamilan dan bulan akhir kehamilan sekaligus dengan perlengkapan si buah hati yang sudah diketahui jenis kehamilannya melalui USG.

Nah jika Anda dapat meminjam dari ibu-ibu lain atau family dekat, maka mengapa tidak melakukannya juga kan? Pasti ada para ibu yang sudah tidak lagi merencanakan menambah anak dan masih memiliki baju hamil yang tidak lagi terpakai. Kita bisa membuka komunitas berbagi. Selain membantu sesama, amalan bertambah, juga memberikan keleluasaan bagi lemari baju bunda. Dibuang sayang, berikan kepada yang membutuhkan. Ditunggu responnya.


Artikel Bincang Anak Lainnya:


Simak Juga Artikel Berikut:



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs