Ayo Membuat Kotak Balapan Kelereng dari Bahan Bekas


Membuat permainan untuk anak tidaklah sulit, asal orang tua mau berkreasi. Banyak permainan yang bisa dibuat dari bahan sederhana. Hanya terkadang, karena kesibukan dan kurangnya waktu bersama keluarga, banyak orang tua yang malas membuat permainan untuk anaknya. Tanpa disadari sambil membuat permaianan itu, malah akan menumbuhkan rasa kebersamaan antara anak dan orangtuanya. Yaa walaupun permainan yang dibuat tidak bertahan lama layaknya mainan hasil beli buatan dari pabrik, tetapi kesan yang dihasilkan bisa tertanam dan menjadi kenangan manis bagi sang anak dalam hidupnya.

Kali ini bincanganak akan memberikan arahan untuk membuat mainan sederhana dari bahan kardus, sedotan limun dan kelereng. Bincanganak yakin orang tua dapat dengan mudah membuat permainan ini. Dan hebatnya lagi, permainan ini menggunakan material yang sudah tidak terpakai, bisa dibawa / dimainkan di dalam atau luar ruangan serta tidak membutuhkan battery :) Kita namakan permainan ini dengan kotak balapan kelereng.

Membuat kotak balapan kelereng dimulai dengan menempelkan kotak bekas penutup kardus sepatu dengan alas kertas yang berwarna. setelah itu, guntinglah kertas menjadi setengah lingkaran sebanyak dua buah. satu bertuliskan Start dan satunya Finish. Lalu kertas tersebut di tempelkan di tepi kotak dan diletakkan di tengah seperti terlihat pada gambar. Lalu guntinglah sedotan dengan berbagai ukuran. aturlah sehinngga membentuk jalan labirin. dimana ada jalan tembus dan ada juga jalan buntu. Ingat untuk menggunakan lem yang dapat melekatkan plastik sedotan. Kalau perlu, tumpuklah sedotan menjadi dua lapis agar kelereng tidak mudah melewati dinding labirin.

Cara bermain:
Sebaiknya kotak balapan kelereng dibuat dua buah agar sang anak dan ayah/ibu bisa beradu balapan. Buatlah agar jalan labirinnya sama persis. Kalau sudah dibuat berpasangan, maka taruhlah kelereng pada titik start. lalu miringkan kotak sehingga kelereng akan bergerak sesuai kemiringan. Siapa yang tercepat mencapai garis finish, maka dialah pemenangnya. kalau lebih seru lagi, yang kalah harus memberi kecupan manis kepada si pemenang. Nah, selamat bermain di kotak balapan kelereng. nantikan permainan kreatif lainnya dari bincanganak.


Simak Juga Artikel Berikut:



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs