Mencegah Penyakit Dengan Mencuci Tangan


Musim hujan telah tiba. banjir melanda di mana-mana. Seiring dengan tercemarnya air banjir akibat genangan sampah yang juga terdapat pada aliran banjir, maka berbagai bibit penyakit juga semakin merajalela.

Penyakit diare, muntah, gatal, flu, bersin, pilek akan melanda pendudk di sepanjang musim penghujan ini, dan itulah mengapa dibutuhkan tindakan pencegahan dari serangan penyakit tersebut

Untungnya, pencegahan termudah untuk penyakit seperti diatas salah satunya adalah dengan mencuci tangan. Sebelum makan atau setelah melakukan aktivitas yang berkaitan dengan banjir.

Berikut adalah beberapa tips tentang mencuci tangan untuk pencegahan penyakit dari Pusat Pencegahan Penyakit Menular:

  • Ketika mencuci tangan lakukan selama 20 detik, gosok dengan penuh semangat. Jangan lupa gosok daerah antara jari dan di bawah kuku jari yang sukar diakses. Gunakan air hangat dan nyaman.
  • Bilas tangan secara menyeluruh untuk menggosok dari semua sisa sabun yang masih tertinggal di tangan.
  • Gunakan handuk, tissue kertas untuk mengeringkan tangan, dan kemudian menggunakan tissue untuk mematikan keran air.
  • Gunakan lap (sekarang di banyak tempat umum) untuk membuka pintu kamar mandi.
  • Ingatlah untuk selalu mencuci tangan sebelum makan.

Apa jenis sabun yang terbaik saat mencuci tangan?
Menurut Departemen Kesehatan di Mennesota, sabun cair antibakteri bukanlah yang terbaik. Sabun antibakteri yang terlalu sering digunakan akan menyebabkan resistansi dalam tubuh bakteri dan kuman, ini seperti minum antibiotik terlalu banyak yang akan membuat tubuh resisten terhadap antibiotik itu. oleh sebab itu Sebuah sabun biasa adalah yang terbaik.

Sebuah pompa pada sabun cair - sangat dianjurkan karena kuman dapat tinggal di sabun batangan, tetapi dengan sabun cair yang memiliki pompa, maka sabun cair dipisahkan dari pengguna. sehingga kontaminasi bakteri ke sabun tidak terjadi. Nah, jadi ingatlah untuk selalu menganjurkan anka untuk mencuci tangan sebelum makan agar terhindar dari terjangkitnya penyakit di musim hujan ini.


Simak Juga Artikel Berikut:



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs